Keutaman Taijiquan bagi Kesehatan

Published March 27, 2012 by chentaichistyle

Kesehatan, seperti yang didefinisikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Sehat tidak hanya mengacu pada aspek fisik seseorang tapi juga melibatkan pada aspek mental, emosional,sosial dan spiritual juga.
Ada berbagai macam praktek kuno dan modern yang menjadikan kesehatan tubuh optimal. Berasal dari budaya yang berbeda, masing-masing memiliki keunikan dengan teknik sendiri dan pedoman. Dan dengan bantuan dari praktek-praktek.
Untuk mencapai kesehatan optimal harus melibatkan lima aspek, yang semuanya dapat dicapai dengan mempraktekkan beberapa bentuk seni bela diri Tiongkok kuno, salah satu yang tertua, Tai Chi.
Tai Chi Chuan, atau hanya, Tai Chi, berarti “kekuatan utama tertinggi”. Tujuannya adalah untuk membawa tubuh dan pikiran bersama-sama, dengan menggunakan “kekuatan”. Sebagian besar disebut oleh orang Cina sebagai “Chi”, diyakini menjadi kekuatan vital. Ini meliputi olahraga yoga dan meditasi, menciptakan keadaan relaksasi dan ketenangan batin. Meskipun diduga menjadi bentuk seni bela diri kuno Cina, lebih percaya untuk menjadi alternatif peredam stres. Dan karena gerakannya yang mirip dengan seni bela diri, berlatih Tai Chi dapat menjadi cara lain untuk mempelajari beberapa teknik seni bela diri, yang terbukti dapat diterapkan dalam situasi kehidupan nyata. Tai Chi melibatkan gerakan tertentu dari tubuh dengan lambat, anggun, bahkan bukan hanya gerakan melainkan pernapasan halus berirama sementara membebaskan pikiran, untuk mencapai rasa ketenangan batin.
Setiap gerakan, yang harus dilaksanakan dengan benar dan tepat. Hal ini memungkinkan tubuh untuk memulihkan diri, memberikan perasaan direvitalisasi dan kebangkitan pembaharuan kembalinya kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Tai Chi menimbulkan keragaman manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kecemasan dan depresi, memperbaiki postur tubuh, keseimbangan, fleksibilitas dan kekuatan otot, memperbaiki pola tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan meningkatkan energi, daya tahan dan kelincahan. Dan dengan demikian, perasaan kesejahteraan hidup.
Hal ini dapat dilakukan sendiri atau dengan kelompok, tanpa memandang usia atau kemampuan fisik. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan doktersebelum memulai program baru.
Tai Chi atau bentuk lain dari praktek alternatif atau pelengkap untuk mencapai kesehatan yang optimal, bisa sangat efektif jika dibarengi dengan diet yang tepat, olahraga teratur dan menjaga kesehatan dan pikiran sehat.
Ini berguna dan membantu menghindari gula, makanan berminyak dan berlemak, meningkatkan diet sehat, serat seimbang tinggi, dan harus diimbangi denganminum setidaknya 8-12 gelas sehari dan menetapkan pola tidur teratur. Ini bermanfaat untuk menjaga aspek mental, emosional, spiritual dan sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: