Memaksimalkan Kekuatan Internal dengan Xinyi liuhe Quan

Published June 14, 2014 by chentaichistyle

Oleh Dr Able Yuanxia Zhang

Di Cina, seni bela diri dibagi menjadi dua gaya: internal dan eksternal. Shaolin Kung Fu merupakan seni bela diri eksternal, yang dicirikan sebagai bela diri yang memutuhkan kecepatan, kekuatan, dan ketangguhan. Ada tiga gaya seni bela diri internal: Tai Chi (Taiji Quan), Pa Kua (Ba Gua Zhang), dan Xing Yi (Xingyi Quan) yang ditandai sebagai seni bela diri sensitivitas, ketahanan, dan ledakan.

Apa Bruce Lee, Jackie Chan, dan Jet Li menunjukkan paling sering di film-film mereka seni bela diri eksternal. Sulit dilihat secara visual untuk menunjukkan rahasia seni bela diri internal. Namun, dalam dunia yang damai, seni bela diri internal begitu menarik lebih banyak orang, karena mereka membentuk terowongan yang indah bagi orang untuk mengeksplorasi kekuatan batin dan potensi mereka.

Ada koneksi yang jelas antara seni bela diri internal dan kesehatan manusia. Tai Chi, yang merupakan seni bela diri internal, telah begitu banyak diterima sebagai latihan kesehatan, orang-orang hampir lupa bahwa itu adalah salah satu seni bela diri yang paling kuat di Cina.

Bagi orang-orang yang berlatih seni bela diri internal, perhatian harus beralih ke apa yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini lebih seperti gaya meditasi bergerak. Dengan hanya menyadari segala perubahan dalam tubuh Anda, Anda berada di jalur yang benar untuk berlatih seni bela diri internal

Apakah Kekuatan internal itu (Nei Jing)?

Semua orang di China tahu bahwa Nei Jing (Internal Power) sangat penting untuk praktisi seni bela diri internal. Jika Anda hanya mempelajari bentuk-bentuk eksternal, Anda dapat berlatih seluruhnya secara rutin, tetapi Anda tidak tahu Nei Jing, Anda tidak berlatih seni bela diri internal. Apa yang Anda lakukan adalah hanya cara mewah melakukan latihan tubuh.

Nei Jing adalah seperti rahasia tersembunyi dari tubuh manusia. Sebelum Anda berlatih seni bela diri internal, Anda bahkan tidak tahu di mana dia berada. Setelah Anda mulai berlatih, Anda secara bertahap akan merasakan pertumbuhan Nei Jing (daya internal). Seorang seniman bela diri internal yang terampil adalah master yang bangun dan mengembangkan Nei Jing mereka. Ketika mereka menghadapi tantangan dari lawan kuat lainnya yang juga memiliki bentuk yang baik berdasarkan gaya pelatihan lainnya tubuh, mereka dapat mengalahkan lawan mereka dengan mudah, hanya karena mereka menggunakan Nei Jing. Di Cina, seorang grandmaster lama seni bela diri internal dapat menunjukkan jauh lebih unggul Nei Jing dibandingkan dengan murid-murid mereka. Oleh karena itu grandmaster yang memiliki kemampuan tak terkalahkan dibandingkan dengan mereka yang mungkin lebih muda.

Saya belajar Ba Gua, Tai Chi dari beberapa master terkenal di Cina. Namun, tidak satupun dari mereka benar-benar menunjukkan apa Nei Jing itu. Setelah bertahun-tahun praktek, saya bisa mengendalikan tubuh saya lebih baik daripada orang-orang biasa. Ketika aku bertarung melawan praktisi dari gaya lain dari seni bela diri, sebagian besar waktu, saya menunjukkan kemampuan yang lebih baik dan “mengalahkan” mereka. Namun, jauh di dalam pikiran saya, saya tahu bahwa saya mungkin hanya sedikit lebih baik daripada orang-orang yang “dikalahkan” oleh saya. Aku tidak pernah punya rasa mendominasi situasi. Ada perbedaan besar antara mimpi dan kenyataan saya.

Hal ini aneh bahwa semua orang berbicara tentang hal ini Nei Jing, tapi tidak ada yang benar-benar bisa menunjukkan secara sistematis dan sempurna. Kita seperti sekelompok orang buta yang menyentuh gajah besar.

1. Kebanyakan master Tai Chi mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan Nei Jing jika Anda cukup bersantai.

2. Kebanyakan master Xing Yi mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan Nei Jing Anda jika Anda berlatih dengan baik di Zhuang Gong (kekuatan dari berdiri seperti pohon)

3. Kebanyakan master Ba Gua mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan Nei Jing Anda jika Anda terus berjalan dalam lingkaran.

Sekarang saya melihat bahwa ketiga gaya seni bela diri internal yang menyentuh bagian yang berbeda dari gajah, namun tidak satupun dari mereka melihat seluruh gambar. Oleh karena itu, orang-orang di China cenderung untuk mempelajari semua tiga gaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik dari Nei Jing.

Hanya setelah saya bertemu Grandmaster Shoufu Chen, yang saya lihat seluruh gambar pertama kalinya dalam hidup saya. Saya sangat bersemangat untuk mempelajari rahasia utama dari dia bahwa saya diperlakukan sebagai misi bagi saya untuk mengungkapkan rahasia Nei Jing kepada dunia.

Xinyi Liuhe adalah bentuk ibu Xingyi Quan. Karena Xinyi Liuhe secara rahasia disebarkan generasi ke generasi di dunia Muslim Cina, itu tidak diketahui oleh sebagian besar orang China sampai terungkap ke publik oleh Grandmaster Songgao Lu pada awal abad ke-20.

Setelah saya pelajari secara sistematis Xinyi Liuhe dari Grandmaster Chen Shoufu, saya pertama kali mendapat wawasan bahwa dasar dari Nei Jing adalah dari kekuasaan tendon. Xinyi Liuhe sebenarnya adalah sistem yang dirancang secara sistematis untuk mengembangkan daya tendon dari setiap bagian dari tubuh. Jika daya tendon dari seluruh tubuh idealnya dikembangkan, orang itu akan menjadi super kuat dan terlihat seperti super-being.

 

Seorang guru dengan penuh Nei Jing tidak perlu menggunakan kepalan tangan dan kaki mereka, karena setiap bagian dari tubuh mereka menjadi senjata. Seluruh tubuh berubah menjadi bola karet sulit. Mereka dapat mentolerir serangan kekerasan, dan secara alami dapat menyerang lawan mereka dengan hanya menggunakan reaksi alami tubuh mereka.

 

Seorang guru dengan penuh Nei Jing tidak membutuhkan teknik khusus untuk melawan. Untuk orang yang mencapai tingkat tinggi, pertempuran tidak melawan, sehingga pertempuran.

Leave a Reply

